Nasyid Memang Asyik


*dimuat di harian surya 5 April 2012

Jika masih banyak orang yang belum tahu nasyid itu apa, maka sekarang saya akan beritahu apa itu nasyid. Nasyid adalah salah satu genre musik dunia yang di Indonesia sudah diresmikan. Genre ini adalah genre musik islami yang lebih modern dari hadrah atau qosidah. Bahkan di negeri tetangga “jiran” genre musik ini menjadi musik yang menjadi musik saingan pop melayu dan sangat diapresiasi oleh pemerintah di sana.

Di Indonesia nasyid awalnya banyak berkembang dengan gaya acapella, bahkan sampai sekarang pun banyak. Acapella menjadi khas nasyid yang ada di Indonesia, walaupun masih banyak juga grup nasyid Indonesia yang memakai musik arransement. Dengan accapella nasyid menjadi lebih unik dan beda dengan musik bergenre lain.

Nasyid di sebagian kalangan masyarakat sudah tidak asing lagi. Bahkan di sekolah-sekolah yang memiliki ekstrakurikuler Remaja Masjid (Remas) atau Kerohanian Islam (Rohis), hampir dipastikan ada juga grup nasyid buatan mereka. Namun, memang tak pelak banyak juga yang masih asing jika mendengar nama nasyid, yang mereka tahu musik yang demikian namanya musik islami atau religi.

Di Indonesia, nasyid memiliki banyak lembaga yang menaunginya, seperti Asosiasi Nasyid Nusantara (ANN) dan Forum Silaturahmi Nasyid Indonesia (FSNI). Kedua lembaga nasyid ini biasanya berfungsi sebagai penyelenggara lomba-lomba nasyid, koordinator antar nasyid di masing-masing propinsi dan kota, juga sebagai penyelenggara konser nasyid dan lainnya.

Di Malang sendiri, ada cukup banyak grup nasyid yang berdiri mulai grup yang terdiri anak SMA, mahasiswa dan yang sudah bekerja, baik grup laki-laki atau wanita. Dengan itu kami bersama senior nasyid pertama di Malang sekaligus di Indonesia “Suara Persaudaraan” Pak Ikmal, berniat membuat lembaga semacam ANN atau FSNI yang fokus memayungi grup-grup nasyid yang ada di Malang Raya.

Akhirnya, kami berkumpul di rumah Pak Ikmal untuk membicarakn hal ini lebih serius. Awalnya kami akan menginap semalam di daerah tengger , di sebuah musholla kecil di sana. Tapi karena hujan yang tak kunjung reda, kami akhirnya terpaksa mengurungkan niat itu dan membicarakan hal ini di rumah Pak Ikmal saja.

Sebagai senior Pak Ikmal kami pilih sebagai Pembina lembaga ini. Kemudian kami bermusyawarah mau kami beri apa nama lembaga ini, setiap orang memberi usulan nama. Akhirnya, terpilihlah nama yang kami setujui bersama yakni, Ikatan Insan Nasyid Malang Cemerlang (IINMAC).

Setelah itu kami meneruskan membuat struktur dan AD/ART lembaga kami yang nanti akan dilegalkan secara hukum. Secara garis besar beberapa yang akan kami lakukan adalah mengadakan pelatihan terprogram dan memakai buku panduan, untuk seluruh grup nasyid di Malang Raya. Selain itu sebagai bukti adanya kami di khalayak, insya Allah kami akan mengadakan konser-konser nasyid sekitar tiga bulan sekali. Inilah bentuk syiar kami, agar nasyid semakin diterima oleh khalayak ramai. Karena mungkin masih banyak yang tidak tahu, ternyata nasyid itu memang asyik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s