Daftar Media Yang Menerima Resensi Buku

1.       Bisnis Indonesia                                                              : redaksi@bisnis.co.id rubrik resensi di hari minggu. Ada honor. – Kabarnya media ini sudah sulit diakses, kalau bisa mengirim ke media lain saja.

2.       Jateng Pos                                                                         : jatengpos@yahoo.co.id rubrik resensi di hari minggu. Tidak ada honor.

3.       Koran Jakarta                                                                   :  opini@koran-jakarta.com subjek: Perada terbit tiap hari kecuali minggu ada honor.

INFORMASI KETENTUAN NASKAH PERADA

YTH Bapak/Ibu
Pengirim Perada
Dengan hormat,
Terima kasih telah berkenan mengirim resensi ke Koran Jakarta. Untuk selanjutnya, mohon berkenan melengkapi (jika belum lengkap) klausul berikut ini:

A SETIAP KALI mengirim resensi dimohon SELALU menyertakan:

1. Kartu Identitas (KTP)
2. Nomor kontak yang dapat dihubungi
3. Foto diri
4. Nomor rekening
5. Pendidikan terakhir

B Tentang tulisan

1. Panjang minimal 4.000 karakter (dengan spasi).
2. Orisinal
3. Komprehensif dalam mengupas
4. Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
5. Menggunakan logika bahasa yang mudah dicerna
6. Tidak salah ketik
7. Menyertakan kutipan-kutipan buku
8. Menyertakan cover buku
9. Buku tahun ini
10. Buku di atas 200 halaman

Perada dikirim lewat opinikoranjakarta@yahoo.co.id,opinikoranjakarta@gmail.com

Salam dan hormat

Redaksi

4.       Harian Bhirawa                                                                : harian_bhirawa@yahoo.com  rubrik resensi di hari jumat, tidak ada honor.

5.       Radar Surabaya                                                               : radarsurabaya@yahoo.com  rubrik resensi di hari minggu. Ada honor.

 

7.        Malang Post                                                                     : redaksi@malang-post.com       rubrik resensi di hari minggu. Tidak ada honor.

 

8.       Koran Madura                                                                 : opini.koranmadura@gmail.com  subjek:  Budaya  rubrik resensi di hari jumat, tidak ada honor. – Koran Madura saat ini menjadi media online.

 

9.   Majalah Luar Biasa                                                         : redaksi@majalahluarbiasa.com Ada Honor. – Kabarnya media ini sudah tidak terbit.

10.   Tribun Jogja                                                                      : redaksi@tribunjogja.com subjek: Pustaka  rubrik resensi di hari minggu. Tidak ada honor.

 

11.   Annida Online                                                                  : majalah_annida@yahoo.com – sudah tidak ada rubrik resensi.

12.   Wasathon.com                                                                : wasathon@gmail.com

13.   Rimanews.com                                                                : rimanews@gmail.com

14.   Dakwatuna.com                                                              :  dakwatuna@gmail.com

15.   Majalah Walida                                :  walida_pwa@yahoo.co.id ada honor

16.   Majalah Matan                : matan_pwm@yahoo.com ada honor

17.   Lampung Post                                                                                 :  redaksilampost@yahoo.com  lampostminggu@yahoo.com rubrik resensi di hari minggu, ada honor.

 

18.   Metro Riau                                                        : metro_riau@ymail.com  rubrik resensi di hari minggu. Tidak ada honor.

19.   Riau Pos                                              :  amin_ripos@yahoo.com

20.    Madura Channel.com                  : lembayung_88@yahoo.com

21.    MediaMahasiswa.com                                : artikel@mediamahasiswa.com

22.  Harian Singgalang                  : hariansinggalang@yahoo.co.id, a2rizal@yahoo.co.id hari minggu

23. Okezone : Redaksi@okezone.com

24. Bernas Jogja: bernasjogja@yahoo.com

25. Nabawia.com : redaksi@nabawia.com, cc: mubarak@nabawia.com

26. Indoleader.com : mygunawan@gmail.com

27. Koran Sindo : ranggarai@yahoo.com

28. Harian Nasional: bookreview@harian-nasional.com

29. Koran Pendidikan: koran.pendidikan@gmail.com

30. Suara Merdeka: swarasensi@yahoo.com tiap hari selasa

31. Kompas: kompas@kompas.co.id / kompas@kompas.com / opini@kompas.co.id / opini@kompas.com

32. Jawa Pos: opini@jawapos.co.id / ariemetro@yahoo.com

33. Koran Tempo: ktminggu@tempo.co.id / koran@tempo.co.id

34. Media Indonesia: redaksi@mediaindonesia.co.id / opinimi@yahoo.com

36. Kabar Madura: kabarsastrabudaya@gmail.com

37. Radar Malang: sastra.radarmalang@gmail.com

38. Tribun Kaltim: red.minggu@gmail.com

39. Koran Rakyat Jateng: budaya@rakyatjateng.com

40. Tribun Jateng: redaksi@tribunjateng.com dan tribunjateng@gmail.com

41. Kedaulatan Rakyat: resensikrm@yahoo.com

42. Koran Rakyat Sumbar: sastrasumbar@yahoo.com

43. Padang Ekspress: redaksi@padangekspres.co.id

44. Radar Madura: sastra_rm@yahoo.com dan jprmsasbud@yahoo.com

45. Majalah Auleea:majalah.auleea@gmail.com

46. Majalah Suluh Madura: obbath@gmail.com

Ini beberapa alamat media yang saya tahu, silakan bisa menambahi di komentar jika ada alamat media lain terima kasih J Nah, alamat media sudah tahu. Bagaimana cara ngirimnya? Jaman udah canggih, pake email dong. Kalau saya biasa make surat pengantar di badan email: Gini nih contohnya:

Email: radarsurabaya@yahoo.com

Subjek: Resensi Buku: Bulan Madu Murah Meriah di Tanah Air

Salam Sejahtera

Yth Redaksi Rubrik Resensi Radar Surabaya Di Tempat Bersama ini saya mengantarkan naskah Resensi saya Nama: Muhammad Rasyid Ridho Judul Buku: Amazing Honeymoon Judul Resensi: Bulan Madu Murah Meriah di Tanah Air Status: Pustakawan, Koordinator Klub Buku Booklicious, Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang No Rek BNI cabang UMM an M.Rasyid Ridho 0202737477

no hp 085933138891

Karya-karyanya berupa cerpen, artikel, resensi, dan puisi juga dimuat di beberapa media offline maupun online, antara lain di Kompas, Kompas.com, Jawa Pos, Koran Jakarta, Radar Surabaya, Jeteng Pos, Malang Post, Republika, HArian Bhirawa,  Harian Surya, Metro Riau, Majalah Matan,  Majalah Gizone, Majalah Sabili, Koran Kampus UMM Bestari, Okezone.com, Annida online, Eramuslim.com, Analisisnews.com, Dakwatuna.com, Fimadani.com, Rimanews.com, Wawasanews.com, Wasathon.com, Minimagz Gen_M2. Dengan ini pula saya menyatakan karya saya ini asli karya saya (bukan plagiat) dan belum pernah dimuat di mana pun.Terima kasih atas perhatiannya, semoga berkenan dan bisa di muat di rubrik Resensi Radar Surabaya berikutnya. Senang sekali bila tulisan saya ini bisa dimuat di radar nomer satu ini, sekali lagi terima kasih. Salam sejahtera

 

Nah, subjek email tergantung mengirim ke media apa. Di atas ada beberapa media yang saya beri tambahan misal subjek: Perada bila di koran jakarta karena memang berbeda dengan yang lain yang cukup mengisi subjek dengan Resensi Buku.

 

Perlu diingat juga yang saya tahu tidak semua penerbit yang memberikan reward, kepada peresensi. Yang saya tahu yang memberi reward di antaranya, Mizan, Bentang, Tiga Serangkai, Diva Press, Gramedia Serambi, Zaman dan Noura Books. Silakan jika teman-teman punya buku baru beberapa penerbit yang saya sebutkan di atas. Bisa dicoba ditulis resensinya dan dikirim ke media.

Bagaimana cara menulis resensi buku? bagaimana cara melapor pemuatan resensi di media kepada penerbit? Buka link ini ya http://ridhodanbukunya.wordpress.com/2012/12/30/mau-dapat-buku-gratis-tulislah-resensi/ Selamat menulis resensi!:)

71 thoughts on “Daftar Media Yang Menerima Resensi Buku

  1. […] NB: 1. Tidak semua penerbit memberikan buku ketika resensi terhadap buku terbitannya dimuat di sebuah media. Tidak semua penerbit memberi buku, ketika salah satu buku terbitannya kita resensi di media online, jadi mereka hanya memberi buku gratis jika resensi buku dimuat di media cetak. Untuk alamat email media yang memuat resensi cekidot ya! https://penulispembelajar.wordpress.com/2013/11/20/daftar-media-yang-menerima-resensi-buku/ […]

  2. Mau tanya, kalau di koran sindo syarat-nya apa saja ya? Terus itu khusus untuk koran minggu kah yang nerima resensi buku? Dan ada pemberitahuan tidak jika dimuat atau tidaknya, mas?
    Makasih 🙂

    • Sindo tidak ada syarat, halaman seperti biasa dua halaman lebih. atau 5000 karakter. ada koran minggu dan ada yang hari lain pemuatan resensinya. Jarang ada media yang memberitahu pemuatan, penulis sendiri yang mencari info. Semoga membantu ya, Terima kasih 🙂

      • Terimakasih infonya, sangat bermanfaat.
        Oh ya, kalau tidak ada pemberitahuan dimuat, lalu bagaimana dengan yang mendapat honor, pasti diberitahu kan kalau begitu? Masa iya engga, hehe 😀

  3. […] Q : Kak Yanti keren lho, udah 15 tulisannya yang dimuat di media. Bebi sih belum pernah tuh. Bebi juga gak tahu salahnya di mana. Padahal Bebi udah kasi judul yang bombastis biar menarik pihak media, seperti tulisan Bebi yang dikirim ke Trubus dengan judul “Bagaimana Tampil Lebih Mempesona Dari Syahrini Dalam 10 Menit”. Ato tulisan bejudul “Tips dan Trik Membuat Bakpao yang Menjamin Suami Betah Makan Di Rumah”, yang Bebi kirim ke Sports Illustrated. Ampe sekarang gak ada kabarnya tuh 2 tulisan. Jadi minta tipsnya dong supaya tulisannya bisa dimuat di media, kak Yanti. Apalagi review. Soalnya review buku yang Bebi kirim ke koran Lampu Hijau kok gak ada yang pernah dimuat ya. A : Tipsnya pelajari resensi yang dimuat di media tersebut. Kalau KorJak kan ada web-nya. . Ada rubrik perada yang memuat resensi. Kita tinggal baca dan coba nulis resensi juga yang sesuai dengan ‘napas’ KorJak. Atau kepoin blog teman-teman yang resensinya dimuat. Biasanya abis dimuat mereka juga posting resensinya di blog. Kalau info tentang kirim resensi bisa dilihat di blognya mas Ridho. […]

  4. […] Anda bisa bekerja online melalui beberapa situs, seperti Nanyain.Com. Pekerjaan yang paling umum diantaranya bekerja sebagai forum poster. Hal ini dapat Anda lakukan seperti pada website Nanyain.Com. Selain itu, Anda juga bisa bekerja sebagai penerjemah, ataupun Anda bekerja sebagai kontributor pada beberapa website terkenal seperti detik.com. Anda juga bisa meresensi buku. […]

  5. […] Kalau mau belajar menulis resensi buku di media, Mas Ridho ini jagonya. Perkenalan saya dengan Mas Ridho karena seringnya dapet buntelan bareng di beberapa penerbit. Dan kami juga sering kebagian blogtour bareng. Satu hal yang bisa dipelajari dari Mas Ridho ini adalah tidak pelit berbagi tips, salah satunya adalah tips seputara info media massa yang menerima resensi buku. Cek linknya DISINI. […]

    • Tergantung medianya, apa biasa memuat resensi buku lama atau tidak. Karenanya, memang penting memahami dulu apa yang diinginkan dan disukai oleh media bersangkutan. Saran saya sih, sebaiknya buku baru saja, karena rata-rata yang dimuat buku baru, paling lama 2015.

  6. Kalau ngirim resensi ke Rimanews.com ada syarat2 tertentu kah??
    Soalnya udah coba nanyak ke redaksinya juga melalui email, tapi nggak ada balasannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s